Saturday, March 23, 2013


Kecewa itu yang aku dapat dari luar pulau untuk menemui ibu kandung,ingin rasanya saat ini cepat sampai rumah untuk memeluk ibu angkatku.

Di depan rumah ku lihat wajah tua itu menitiskan air mata ,,ya dialah ibu angkatku dia menanti kepulanganku di depan pintu aku pun berhambur lari ke pelukan ibuku,dan kami pun menangis di depan halaman rumah tampa perduli orang lain memperhatikan kami.

Ibuku menangis melihat keadaanku yang habis oprasi,ku lihat raut wajahnya yang mengkerut menandakan beliau sudah tua.tak ada sesuatu katapun yang keluar dri dari bibirnya yang kulihat hanya air mata yg membasahi pipinya
Aku gak bisa berbuat apa2 untuk menjelaskan apa yang terjadi tp aku tahu dia mengetahui segalanya atas perih luka kekecewaanku.

Ibu walaupun beliu bukan ibu kandungku,tp kasih sayang beliu melebihi dr segalanya walapun bapak angkatku pergi meninggalkan kami ibu ku tak berniat ingin menikah lagi atau ingin mempunyai anak lagi karena takut kasih sayang yang di berikan untuku berkurang.
Ya allah aku bersyukur keadaan ini semua kasih sayang ibu ku melebihi kasih sayang ibuku kandung.

Air mata ini tak sanggup aku bendung saat tampa sengaja ku temukan buku diary ibuku..ku baca semua curahan hati ibuku di buku itu

" Tgl 08 -05 -2001 "

Akhirnya yang aku takutkan beberapa tahun ini benar2 terjadi,anaku pergi mencari ibu kandungnya,ingin aku melarang karena aku takut kehilangan putraku,tp aku gak ingin dia kecewa atau bersedih,
Hanya padamu,
jeritan hati ini ku limpahkan ya allah.
Malam ini terasa sepi aku rindu putraku ku siapkan masakan kesukaanya tp dia belum pulang2,jika memang putraku berkeinginan tinggal dengan ibu kandungnya.lebih baik secepatnya nyawa ini lepas dr raga,aku sanggup kehilangan segalanya asal jangan dia,

22 15 wib.

aku takut kehilanganmu nak..aku menanti kepulanganmu tp kapan,ingin aku menelpon mu tapi itu tak mungkin aku gak mau menggangu pertemuanmu dengan ibu kandungmu..
Aku betul betul takut kau tinggalkan aku takut tak menghiraukan aku.aku tak mau itu ya gusti.

Air mata lagi2 basah membasahi buku diary ibuku.aku janji pada diriku apapun yang terjadi tidak akan pernah aku meninggalkan dirimu aku janji ibu,ingin saat ini aku memlukmu dan meminta maaf padamu aku sempat tak memikirkan perasaanmu,kau memang ibu angkatku,tp kasih sayangmu melebihi dari ibu kandung ku.

" IBUUUUU.....ku peluk ibuku erat2 aku menangis dan bersimpuh di kakinya telah berbuat beliau meneteskan air matanya untuku,.

"Nak ada sesuatu yang ingin aku sampaikan,ibu mu tlp aku tadi,dia akan menjemput kamu minggu ini.." ujar ibu angkatku,,ku melihat wajah merah menahan tangis di wajahnya,,ku peluk beliau erat2 aku berjanji hanya kematian yang bisa memisahkan aku dengan beliu walapun hati kecilku aku berharap bisa memeluk ibu kandungku,semenjak mendengar kabar itu ku lihat beliau murung,beberapahari ini ku hibur beliu dengan canda tawa dan jalan2 bersamaku aku yakinkan tidak akan pernah meninggalkan dia percayalah bu.

Tok tok...ku dengar ketukan pintu dari luar ku lihat sekilas ibu merasa was was dan menitiskan air mata..

Dengan langkahkan kaki aku pun bertanya pada sang pencipta harus berbuat apa aku sekarang di depanku ada dua orang wanita yang begitu besar jasanya terhadap kehidupanku beri aku petunjuk hambamu ini ya ROBB..

"Maaf kan aku " kata2 yang pertama kali terucap dr ibu kandungku,akupun menangis dan langsung memeluk beliau kami saling berpelukan dan saling tangis2an.dan kami pun duduk berempat beserta suami ibu kandungku,ku lihat wajah ibu angkatku dia terlihat ingin menangis tp dia begitu sanggup menutupi keadaan..

Tampa ku sadari ibuku kandung memberi sebuah cek berjumlah besar dan di serahkan ke ibu angkatku..sambil mengucapkan terima kasih telah merawat ku sambil menangis ibu kandungku meminta ijin agar ibu kandungku bisa dekat denganku,tak terlihat sama sekali air mata mengalir di mata ibu angkatku..ku pegang erat tangan beliau aku ingin meyakinkan beliau tak akan pernah aku meniggalkan beliu..hingga obrolan demi obrolan waktu malam pun tiba,,ibuku menginap di rumah kami,

Hingga tengah malam diam2 aku intip kamar ibu angkatku,ya ALLAH aku melihat beliu memeluk fotoku sambil menangis sesenggukan,ku dkati beliu ku yakinkan sekali lagi aku tidak akan pernah meninggalkan beliu...

"ingatlah ARDY ,ibumu sakit parah temani dia ikutlah pulang bersama ibumu,kamu jangan kwatir uang pemberian ibumu cukup banyak untuk masa depan hidupku .." kata ibuku sambil menunjukan sebuah cek pemberian ibu kandungku,ada sedikit rasa kecewa dalam hatiku segituhkan kasih sayangnya kepadaku hanya karena harta beliu rela melepaskan kepergianku..akupun berlalu meninggalkan kamar ibu angkatku sambil memikir ucapanya itu dan bergegas melihat kamar yang di tempati ibu kandungku dan suaminya ku lihat mereka terlelap tidur karena kecapekan..

Pagi hari sudah pukul 7 kenapa ibu angkatku belum keluar dri kamarnya tidak seperti biasanya beliau sudah bikin sarapan untuku apa lagi ada tamu.ku lihat ke kamar beliu tp tak kudapati beliu di kamarnya ku cari sekeliling rumah dan tanya ke tetangga ibuku tak ada yang tau keberadaanya..sambil menghibur hati aku pun berpikir mungkin ibu angkatku ke pasar untuk belanja karena semalam ku lihat beliu berseri seri menrima cek pemberian ibuku kandung.
Sambi ku tunggu kedatanganya aku pun memasuki kamar ibuku ku lihat sesuatu di balik bantal ibuku..yang ternyata sebuah surat dan sertifikat rumah beserta cek pemberian ibuku kandung,tanganku bergetar saat membuka surat itu..

"ARDY ... maaf ibu gak pamit pergi dari rumah,,aku tak sanggup menrima kenyataan kau akan pergi meninggalkan aku,demi kehidupanmu dan kebahagiaanmu maafkan aku harus pergi meninggalkan kalian tampa pamit terlebih dahulu..ini surat2 rumah dan beserta cek dr ibumu,gunakanlah untuk masa depanmu kelak jika sudah berkeluarga,selamat tinggal anaku titip salam sama ibu kandungmu..

Jantung ini tersa berhenti sejenak,tiada kekuatan untuk melangkahkan kaki untuk mengejar,,aku hanya bisa terhenyak sesaat dan IBUUUUUUUUUUUUUU..........ku berlari mengejar ibuku ntah ke mana kaki ini mengejar,,station,terminal,rumah saudara semua tak ada yang mengetahuinya,,, aku gak sanggup
menrima ini semua aku mau ibu,pulanglah bu ku umumkan di radio koran beserta keluarga ibuku yang lain tp tak pernah ada kabar dri beliu.
Ku ratapi hidupku ku sesali tingkahku yang sempat menilai ibuku lebih sayang harta dri pada aku.
Hingga 5 tahun sudah aku tetap mencari dan mencari keberadaan beliu tp nihil. Aku tetap menunggu kedatangan beliu ke rumah kami,sedangkan ibu kandungku kembali ke luar pulau

7 tahun persis kepergian ibuku akupun sudah menikah dan memiliki seorang putra,dan kini akupun di tugaskan ke pulau ibu kandung ku berada.ibu begitu senang menrima kedatangan kami walaupun kami tinggal di asrama tp jarak rumah kami tak begitu jauh kami tempu..di saat kami berjalan jalan ke alun2 kota dengan kelurga tiba tiba ada nyanyian dr seorang pengamen wanita lagu itu sering di nyanyikan ibu angkatku dulu waktu aku kecil..aku berlari mencari swara itu kaki ini merasa lemas saat ku tahu wanita itu mirip ibu angkatku..gak mungkin dia mengamen di alun2 kota ini batinku...ku dekati dia ku panggil dia..BU NUR...seketika wanita tua itu menolehku pandangan kami pun bertatapan air mata ini tak sanggup aku tahan saat mengetahui dia orang yang bertahun tahun aku cari.."maaf anda salah orang .. "ujar wanita itu sambil cepat berlari..aku tetep mengejar nya...aku gak akan salah dia adalah ibuku..ibuku yang berkorban besar untuku..aku peluk beliu dri belakang sambil meraung menangis memohon jangan dia tinggalkan aku lagi,,akhrinya beliu pun luluh dan menolehku menangis sejadi jadinya,,
ku ucap syukur kepadamumu sang khalik..kini aku baru tahu setelah ibu menjelaskan padaku,

Wktu itu beliu pergi dri rumah dia pergi ke pulau ibu kandungku berada dia berharap akan selalu bisa melihatku krn dia yakin aku akan ikut ibu kandungku di pulau itu,,padahal beberapa tahun ini aku tetap tinggal di rumah ibu angkatku karena aku berharap kedatanganya...kini.kami pun berkumpul bahagia setiap harii liburan kami sering bermain bersama ke rumah ibu kandungku..

No comments:

Post a Comment